Jumat, 02 November 2012

CARA MUDAH MEMBEDAKAN LOVE BIRD JANTAN DAN BETINA


Kali ini saya cuman mau berbagi sesuatu yang saya pikirkan selama ini. setelah beberapa lama saya perhatikan untuk mencari tau bagaimana cara mudah untuk membedakan jenis kelamin lovebird. 

Setelah memperhatikan beberapa pasang lovebid dari yang saya miliki sendiri hingga mengumpulkan foto lovebird yang berpasangan saya menemukan satu ciri yang hampir bisa ditemukan pada kebanyak lovebird. Tapi saya tekankan lagi bahwa ciri-ciri yang saya berikan ini tidak bersifat pasti. hanya saja sebagian besar bisa ditentukan dengan ciri yang saya berikan ini.

Awalnya saya hanya iseng-iseng aja melihat karakter dari burung lovebird yang menarik. setelah beberapa lama saya perhatikan lovebird saya ternyata untuk burung lovebird jantan memiliki ciri yang berbeda dari betinanya. ciri ini saya sadari ketika saya lihat lipatan sayapnya. untuk lovebird jantan memiliki ciri ujung sayapnya bertemu hingga menyilang. sedangkan untuk lovebird betinya tidak. bahkan jarak antara kedua ujung sayap lovebird betina jaraknya terpisah jauh.  dan setelah saya perhatikan ternyata semua lovebird yang saya miliki mempunyai ciri seperti diatas. akhirnya sayapun mencoba mengumpulkan gambar lovebird dari internet. dan ternyata sebagian besar gambar yang saya dapat memiliki ciri yang sama dengan yang saya jelaskan diatas.

Kalok kurang mengerti sama penjelasan yang saya berikan diatas bisa lihat sendiri dari beberapa foto lovebird yang sudah saya kumpulkan ini.

Perhatikan ujung sayapnya. untuk jantan ujungnya rapan sampai menyilang. sedangkan yang betina ujung sayapnya terpisah












Gimana menurut anda? ya itu sih menurut saya. untuk kepastiannya saya gak tau jugak. agar lebih jelasnya coba anda lihat lovebird yang anda miliki. urusan percaya atau tudak itu terserah anda.
mohon maaf jika saya salah. dan semoga ini bermanfaat bagi para pembaca


36 komentar:

  1. saya sangat setuju penjelasan anda terimakasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas infonya. Dipadukan dengan ciri-ciri yang lain mudah-mudahan kita dapat menentukan lovebird jantan dan betina dengan tepat.

    BalasHapus
  3. info yg bagus mas... thanks

    BalasHapus
  4. yaa bagus juga..tapi apakah bisa pada lovbrd yg usia muda 4-5 bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut pengalaman saya d usia segitu masih belum bisa. karna pada usia 4 atau 5 bulan LB masih belum siap kawin. faktor dari organ-organ reproduksinya yang masih belum sempurna

      Hapus
  5. memang betul LB usia 4 atau 5bl masih blum bisa dilihat ciri2 jantan dan betina lewat panjang pendeknya ujung sayap LB saya setuju sekali. Safrudin Bojonegoro

    BalasHapus
  6. Ada ciri2 LB jantan atau betina dilihat dari supit kalau jantan biasanya supitmnya rapat kalau betina supitnya agak lebar atau longgar demikian semoga menjadi referensi bagi penggemar LB.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang benar gan. untuk memastikan jenis kelamin yang paling akurat memang dengan melihat supitnya

      Hapus
    2. ini sungguh sangat sukar bagi pemula,...tapi teori candra arief sangat user friendly,.makasih boz

      Hapus
    3. Trima kasih atas saran-saranya..... semoga penggemar semakin paham tentang ternak LB

      Hapus
  7. omm,,,tu burung yang warnanya coklat putih jenis apa??harganya berapaan yaa,,,

    BalasHapus
  8. sebagian saya setuju dengan anda karena sejumlah LB saya juga memiliki ciri ciri spt itu utk bedakan jantan dan betina, cuma ada sebagian pasangan yang seperti jantan semua dgc ciri semua uujung sayapnya menyilang tapi mereka ternyata janyan betina; dan sebagian lain ujung sayapnya membuka tetapi ternyata juga jantan betina. Dalam kondidi LB sudah dewasa utk pastikan jantan atau betina saya kira tidak cukup hanya melihat bentuk sayapnya tetapi ada baiknya dicek dengan tulang meraba tulang pubis.Kalo rapat dan runciing serta keras dipastikan jantang; juga jika runcing dan keras walaupun agak longgar juga jantan. Sedangkan brtina biasanya tulang publisnya lembek dan melebar; atau juga tulungnya lembek dan agak "mendelep" ke dalam (mendelep artinya tulang publisnya agak pendek/dibawah tulang dada bawah walaupun agak sempit. Ini pengalaman saya setelah saya pernah mengalami keterkecohan selama penangkarang. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih gan.
      Moga bisa bermanfaat juga bagi yg laen. Amien....

      Hapus
  9. alhamdulilah moga2 semakin tampah akurat dengan pengalaman2 anda mas brow... sebagian besar orang meliat supit urang tp ada pula yang meliat dari lancip dan lebar bulu ekor setahu saya begtu tapi juga kurang akurat mas

    BalasHapus
  10. simpel tapi jelas, thanks..

    BalasHapus
  11. Bagus Gan, 6 pasang LB saya memiliki ciri tsb (sudah produksi), cm 2 pasang yang tidak, 2 pasang itu warna violet (jelas jantan-betina, 2 x produksi) yg sepasang kepala emas (blm produksi, jd saya curiga betina semua) keakuratannya mngkin mencapai 70%, kalo ditambah raba tulang pubis bisa 80-90%, gud job gan

    BalasHapus
  12. wah tambah pengalaman saya masih bingung menentukan lovebidr jantan dn betina, tapi setelah baca artikel mas bro sy jadi lebih semangat mudah2 han digabung dengan tanda2 yang lain akan semakin tepat sasaran jantan dan betinanya. agus mojosongo slo

    BalasHapus
  13. wah matur nuwun mas bro artikelnya, jadi bisa nambah wawasan untuk mengetahui perrbedaan lb jantan dan lb betina, digabung dengan tanda tanda yang lain yag sdh pernah ada info ini bisa digunakan sebagai referensi tambahan, semoga dengan banyaknya penemuan tanda khusus akan semakin tambah akurat untuk memastikan jantn dan betina si burung cinta ini. mks agus solo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makaaih gan dah mampir n ngomen d blok ane

      Hapus
  14. tambah pengalaman lg ,, makash mas,,, infonya,,, jd semangat ingin nernak ni

    BalasHapus
  15. siip om.. kl diliat dr bentuk paruh (tampak dpn) akurat g ya om? jantan lbh menggeligir.. kalo betina lbh lengkung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok dari segi paruh, saya kurang berpengalaman gan. Tapi mungkin saja itu bisa lebih akurat gan

      Hapus
  16. Luar biasa petunjuknya. Jdi makin semangat ternak nih. Mantappp gan

    BalasHapus
  17. supit apa siha gan.?? sori soalnya baru hari ini beli burung gak tau sama sekali.. makasih

    BalasHapus
  18. gan sya mau tanya kalau dari segi ekor bagaimana ya ..ada yang bilang kalau jantan berbetuk huruf v itu akurat tidak?

    BalasHapus
  19. 80 persen bener tuh, nice info

    BalasHapus
  20. mantap mas
    makasih mau dipraktekin

    BalasHapus
  21. klo betina pasti bertelur jika sdh umur 10 bln ke atas, walaupun tidak dibuahi/ tdk akan menetas.

    BalasHapus
  22. sory gan mo tanya klo aq pnya spsang ltno mm tpi prnah kawin tpi sdh 2thn kok blm brtelur apa dikatakan jantan semua bls

    BalasHapus
  23. terima kasih atas penjelasan tentang perbedaan love birdnya mas

    BalasHapus